Home > Uncategorized > [Metode Numerik] Review Perkuliahan dan Kisi-Kisi UAS

[Metode Numerik] Review Perkuliahan dan Kisi-Kisi UAS

Dear Mahasiswa Metode Numerik yang saya ampu

Senang sekali bisa bersama kalian satu semester ini dalam segala situasi, baik senang maupun hal-hal yang kurang menyenangkan. Pada akhirnya kita berada di penghujung semester. Saya akan berikan sedikit review terkait perkuliahan yang kita jalani semester ini menurut sudut pandang saya, sebagai berikut:

  • Metode Numerik U: Kelas yang paling banyak kosong karena tanggal merah selalu bertepatan dengan hari Senin, tapi so far masih bisa mengikuti dan memiliki semangat belajar yang cukup tinggi. Untuk pertemuan terakhir saya benar-benar membiarkan Kelas U belajar mandiri. Dari tugas yang diberikan terlihat masih susah untuk belajar mandiri, namun beberapa sudah dapat memahami dengan baik. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan, silakan hubungi saya, kita bisa diskusi materi yang belum dipahami, terutama di bab terakhir. Untuk ke depannya, semakin bertambahnya semester yang akan kalian pijak, kalian harus banyak belajar mandiri untuk meperkaya potensi diri.
  • Metode Numerik T: Saya cukup banyak waktu bersama kelas ini, dan hampir setiap pertemuan saya ada, cuma ada satu kali pertemuan yang sedikit saya percepat karena ada rapat waktu itu. Sepertinya Metnum T harus lebih banyak latihan soal lagi. Silakan belajar latihan soal kumpulan pra UAS ya. Semoga sukses UASnya.
  • Metode Numerik I: Banyak yang pendiam, namun saya mengamati banyak yang serius memperhatikan dan memahami soal. Hasilnya cukup bagus, beberapa mahasiswa ada yang semangat tetap kuis meski bebas kuis dan nilainya bagus. Dan tetap ada yang mengerjakan tugas dengan maksimal meski bebas Tugas. Disini saya melihat beberapa mahasiswa yang orientasinya bukan nilai, tapi memang benar-benar ilmu. Saya doakan semoga kalian sukses meraih cita-cita kalian, pertahankan niat yang bagus seperti itu. Latihan soal di kelas ini sudah cukup, ada yang tanya terkait GSS karena masih bingung tidak ada contoh soal, jadi sesuaikan dengan materi yang diberikan. Contoh soal bisa dipelajari di kumpulan soal Pra UAS yang diberikan.
  • Metode Numerik W:  Semangat belajar di kelas ini tinggi dan cenderung aktif. Ada beberapa mahasiswa yang bisa berpacu dengan baik ada yang sebaliknya. Lebih banyak belajar lagi dan semoga sukses UASnya.

Kisi-kisi UAS Metode Numerik, yaitu keseluruhan materi setelah UTS yaitu: Nilai Eigen dan Nilai Singular, Optimasi Satu Variabel Pencocokan Kurva dan Interpolasi, Differensial Numerik (untuk Bab ini pelajari lebih lanjut terkait Extrapolasi Richardson dan berbagai formula terkait dengan selisih maju, mundur, dan pusat). Silakan sediakan catatan A4 1 lembar dan jangan lupa membawa kalkulator! Saya sudah sertakan kompilasi soal Pra UAS dari keseluruhan kelas disini. Jika ada hal-hal yang belum dipahami atau ingin ditanyakan silakan email saya. Saya sudah tidak melayani mahasiswa dengan presensi <80%, next time kalian harus lebih berhati-hati.

Semua kuis, tugas, dan pra UAS sudah saya koreksi. Namun ada beberapa kelas yang hasilnya belum saya kembalikan, jadi bisa diambil di ruangan saya (boleh diwakilkan dengan syarat yang bersangkutan email saya terlebih dahulu jika pekerjaannnya akan dititipkan ke temannya) atau bisa diambilkan oleh Ketua Kelas. Semua Pengumuman siapa saja yang BEBAS UAS sengaja akan saya umumkan H-1 sebelum UAS yaitu besok, Kamis 5 Januari 2016 (maksimal jam 23:59 WIB).

Selamat berpartisipasi dalam UAS, silakan dipersiapkan dengan baik dan semoga selalu sukses untuk kalian semuanya

Terima kasih,

Salam,

Categories: Uncategorized Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
CAPTCHA Image
*