Home > Uncategorized > Skripsi Bagian 1: Menulis Latar Belakang

Skripsi Bagian 1: Menulis Latar Belakang

November 5th, 2018

Kali ini saya mencoba untuk cara menulis latar belakang dari dokumen skripsi, terutama untuk mahasiswa FILKOM UB. Sebelum menulis latar belakang skripsi, sebaiknya buku panduan dibaca terlebih dahulu ya ;) Sebenarnya di sana juga telah dijelaskan kurang lebih seperti apa.

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membuat latar belakang, pastikan bahwa latar belakang yang akan dijelaskan itu benar-benar menginerpretasikan judul yang telah dibuat. Saya ambil salah satu contoh judul:

“Seleksi Fitur Correlation pada Klasifikasi Citra Jenis Makanan  Menggunakan  Ekstraksi Fitur Warna dan Tekstur”

Isi dari latar belakang itu bisa ditulis dari umum ke khusus, detailnya adalah:

1. IDE DARI MANA?

Ide judul muncul dari mana? Berikan 1 atau 2 kalimat yang mendukung ide dan tetap menggunakan referensi ilmiah. Boleh didukung dengan menggunakan data pengamatan (jika ada), jika tidak ada, gunakan paper/jurnal ilmiah yang kredibel minimal 5-10 tahun terakhir.

Contoh sederhana:  Smartphone adalah salah satu teknologi yang berguna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kualitas hidup. Salah satu kualitas hidup yang dimaksud adalah dengan bagaimana menilai kualitas makanan yang dikonsumsi oleh pasien diet (Aizawa et.al, 2010). Pengambilan citra makanan dengan menggunakan smartphone memiliki peluang dalam melakukan klasifikasi untuk pemantaupan asupan makanan pasien (Zhu et al, 2010).

2. MASALAH UTAMA

Dari ide itu ada masalah apa, sehingga penting untuk diteliti. Pakai jurnal lagi untuk bicara ya.

  • Masalah bisa ditemukan di bagian pendahuluan atau introduction pada jurnal atau paper.
  • Ada masalah apa sehingga perlu untuk klasifikasi citra dengan pengolahan citra digital?
  • Ide dan masalah ini bisa diletakkan 1 paragraf atau lebih.

Contoh sederhana: Klasifikasi citra makanan juga biasa digunakan untuk membantu para ahli (seperti ahli gizi maupun psikologi) dalam  penilaian program diet tradisional yang terkadang kurang akurat jika dilakukan secara manual (Beijbom et.al, 2015). Namun, karena varietas makanan yang terlalu banyak, maka representasi untuk mengenali makanan juga tidak mudah dilakukan secara otomatis, maka menggunakan Pengolahan Citra Digital menjadi hal yang penting untuk dilakukan (Chen etl al, 2009). …….. dst

3. TUJUAN DAN MANFAAT

  • Tujuan dan manfaat tetap didukung referensi
  • Pastikan kalimat satu nyambung dengan kalimat lain. Paragraf satu nyambung dengan paragraf yang lain.

Contoh sederhana: Kalkulasi terkait klasifikasi citra secara otomatis  dapat digunakan untuk menemukan representasi citra makanan yang sesuai secara efektif dan efisien. Dengan perkembangan perfoma smartphone yang baik dari generasi ke generasi dan penelitian tentang makanan yang mulai tahun 1980 hingga tahun 200an, menunjukkan bahwa klasifikasi makanan juga berkembang untuk menyelesaikan permasalahan sehari -hari dalam hal makanan sehat atau pemantauan asupan gizi (Farinela et al, 2014). …….. dst

4. Paragraf-Paragraf Selanjutnya membahas hal khusus terkait dengan metode yang diusulkan.

Terkait dengan metode Ekstraksi Fitur (tetap berdasarkan referensi). 

  •  Jelaskan penelitian-penelitian sebelumnya terkait dengan klasifikasi makanan, paper-paper/jurna-jurnal tersebut menggunakan metode  apa saja?
  • Fitur apa saja yang mereka gunakan untuk digunakan di klasifikasi makanan?
  • Apakah kelemahan dari ekstraksi fitur yang lain sehingga memutuskan menggunakan ekstraksi bentuk dan warna?
  • Berikan fakta yang mendukung bahwa ekstraksi fitur yang kalian gunakan memang unggul dibandingkan yang lain!
  • Janngan menulis metode yang akan digunakan pada dokumen skripsi sebelum menjelaskan detail alasan-alasannya berdasarkan referensi.

Terkait seleksi fitur (detail beserta referensinya)

  • Mengapa perlu seleksi fitur dalam kasus ini?
  • Apa keunggulan menggunakan seleksi fitur?
  • Seleksi fitur yang biasa digunakan dan terlibat dalam metode yang diusulkan itu apa saja? (cari referensi yang dalam jurnal tersebut menyatakan perbandingan metode Correlation atau  bisa juga perbandingan metode Corellation  dengan yang lain.
  • Mengapa harus correlation yang dipilih, apa keunggulannya dibandingkan dengan metode selesi fitur yang lain?

5. Penjelasan usulan metode berdasarkan penjelasan-penjelasan ilmiah yang dipaparkan sebelumnya.

 

Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis latar belakang adalah:

  1.  Baca lagi. Antara kalimat yang satu dengan yang lain dalam satu paragraf harus berkesinambungan. Gunakan kata penghubung untuk membuat tulisan lebih enak dibaca. Begitu pula dengan topik dari satu paragraf ke paragraf yang lain, harus nyambung. (KOHESI dan KOHERENSI) Jangan loncat-loncat. Berikan kalimat atau kata penghubung yang sesuai.
  2. Jangan menyertakan sitasi beserta judulnya dalam latar belakang. Misalnya, penelitian He, et.al yang berjudul “Analysis of Food Images: Features and Classification” menyatakan bahwa. Ini salah! Langsung saja tulis sitasinya (He, et.al, 2014). Pembaca akan menemukan sendiri pada bagian daftar pustaka nantinya.
  3. Jangan menggunakan kata ganti orang pertama tunggal maupun jamak di dalam penulisan bahasa ilimiah bahasa Indonesia.
  4. Tidak diperkenankan menggunakan sitasi dari Wikipedia maupun blog pribadi

Karena menulis latar belakang tidak cukup sekali tulis langsung benar, maka jangan bosan untuk selalu merevisi ya :)  For good lah tentunya. Semangat para pejuang skripsi!

 

Salam,

 

Comments are closed.